Perangkat Lunak Multimedia Dalam Berbagai Bidang

 

Perangkat  lunak  multimedia  adalah  komponen-komponen  dalam  data  processing  system,  berupa  program-program  untuk  mengontrol  bekerjanya  sistem  komputer  multimedia.  Perangkat  lunak  ini digolongkan  menjadi  tiga  bagian  yaitu  bahasa  pemrograman  multimedia,  perangkat  lunak  sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.

Bahasa Pemrograman Multimedia

Bahasa  pemrograman  Multimedia  adalah  bahasa-bahasa  yang  digunakan programmer  untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java.

Perangkat Lunak Sistem (System Software)

Perangkat  lunak  ini  terdiri  dari  Sistem  operasi  (Operating  System) misalnya  DOS  (Disc  Operating  System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus.

Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

Perangkat  lunak  aplikasi  multimedia  merupakan  aplikasi-aplikasi  yang  dibuat  oleh  personal atau  organisasi  untuk  user  yang  beroperasi  dalam  bidang-bidang multimedia  spesifik  seperti  grafik  2D,  modeling dan animasi.

Perangkat Pengolah Teks

Aplikasi  pengolah  teks  yang  banyak  digunakan misalnya Microsoft Word, Word  Star  for Windows,  Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source  misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.

Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D

Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:

a.  Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.

b.  Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.

c.  Animasi, misalnya Macromedia Flash.

Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D

Contoh  dari  perangkat  lunak  Animasi  dan  modeling  Grafik  3D  adalah  3D  Studio  MAX,  Maya,  Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya.

Perangkat Lunak Authoring Multimedia

Authoring  merupakan  aplikasi  komputer  yang  memberikan  peluang  kepada  pengguna  untuk  mengembangkan sebuah perangkat  lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia  tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia  Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia  Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).  Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis  icon dan authoring berbasis waktu.

                Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan  mengorganisasi  elemen-elemen  dalam  halaman  atau  buku  tersebut. Contoh  dari  aplikasi  ini  adalah  HyperCard dan ToolBook Assistant.  Authoring  berbasis  icon  menggunakan  konsep  flowchart  untuk  membuat  aliran  elemen-elemen  multimedia yang dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan  diagram  alir  aktivitas  sepanjang  jalur  percabangan,  contohnya  adalah  Microsoft  Power  Point  dan Macromedia Authorware.

Authoring  berbasis  waktu  merupakan  pengembangan  paket  multimedia  sebagai  pengorganisasian  objek sepanjang lini waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan kembali  kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara ini adalah Macromedia Director.  Authoring DVD adalah aplikasi yang digunakan untuk  menampilkan menu interaktif movie, contohnya  adalah Pinnacle Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.

 

Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web

Contoh produk-produk mendesain web antara  lain adalah Macromedia Flash  yang digunakan untuk  membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.

 Aplikasi Multimedia untuk keunggulan bersaing di perusahaan

Aplikasi  multimedia  perusahaan  di  berbagai  bidang  antara  lain  sumber  daya  manusia,  produksi/operasi, akuntansi dan keuangan, sistem informasi dan pemasaran.

Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia

Multimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik yang dikenal dengan istilah Computer  Based Training  (CBT). Misalnya  peusahaan  IntallShield membuat  perangkat  lunak multimedia  yang  khususkan  untuk  training.  Aplikasi  yang  lain misalnya  rekrutmen  karyawan,  seperti  yang  dilakukan  oleh L’OREAL.

Aplikasi dalam Bidangn Produksi

Penggunaan aplikasi ini digunakan untuk merancang dan merakayasa suatu produk misalnya alat-alat  elektronik dan mesin bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses produksi dan berkembang menuju ke sistem manufaktur terintegrasi berbasisi multimedia.

Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan

Bidang pelayanan keuangan meliputi pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan,  sumber pinjaman dan perbankan. Contohnya adalah situs SmartMoney.com.

Aplikasi dalam Bidang Sistem Informasi

Aplikasi  dalam  bidang  ini  misalnya  aplikasi  Sistem  Informasi  Akuntansi  (SIA),  aplikasi  Sistem  Informasi  Manajemen  (SIM),  aplikasi  Decision  Support  System  (DSS)  dan  aplikasi  Executive Information System (EIS).

Aplikasi Otomatisasi Kantor

Dua  aplikasi  yang  digunakan  untuk  area  otomatisasi  kantor  yaitu  workgroup  computing  yang

memungkinkan  beberapa  orang  untuk memakai  komputer  yang  sama  pada  saat  bersamaan  pula.

Peserta diskusi melihat  tampilan bersama yang meliputi  rangkaian media  lengkap,  termasuk  fotigrafi

dan  video  bergerak. Aplikasi  yang  kedua  adalah Desktop Video Conferencing  yang memungkinkan

peserta  melakukan  konferensi  video  sambil  duduk  di  meja  masing-masing  dengan  menggunakan

layar CP atau televisi yang tehubung.

Aplikasi dalam Bidang Pemasaran

Penerapan  multimedia  dalam  bidang  ini  tertuju  kepada  aktivitas  pemasaran,  khususnya aktivitas promosi  yang meliputi  periklanan,  promosi  penjualan,  penjualan  perseorangan,  public  realtion  dan  penjualan langsung termasuk penjualan melalui jaringan internet. Contoh dari aplikasi ini adalah:

Ø       Periklanan televisi

Ø       Interactive  Multimedia  Merchandising  (cara  perusahaan  untuk  menjangkau  dan  melayani pelanggan)

Ø       Merchandising Kiosk

Ø       Video Kiosk

Ø       Virtual Shopping

Ø       Comparison Shopping

Ø       Mass Market Application

 

 

 

Aplikasi Multimedia di Bidang Travel

Apliaksi berbasis Web digunakan sebagai penerapan layanan perjalanan yang di dalamnya termasuk  informasi biaya perjalanan, travel news, fitur paket  liburan, dan pemesanan online untuk lodging dan  transportasi melalui darat, laut dan udara.

Aplikasi Multimedia dalam Bidang Real Estate

Multimedia komputer memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya, melihat  foto rumah on-screen, memeriksa perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari demografi sekeliling rumah.

Aplikasi Multimedia dalam Bidang Kesehatan

Dalam  bidang  kesehatan, multimedia  dapat mendukung  pelayanan  dan  fasilitas  sistem  kesehatan,  ilmu  kesehatan,  kantor  pendidikan  medis,  perpustakaan  ilmu  kesehatan  dan  fotografi  medis  serta  pelayanan produksi median.

Aplikasi Multimedia dalam Bidang Hiburan

Dalam bidang hiburan multimedia digunakan dalam film, musik, radio interaktif, televisi interaktif, game elektronik.

Aplikasi Multimedia dalam Bidang Publishing

Banyak  informasi  yang  dapat  dipublikasikan  secara  elektronik  melalui  dokumentasi  elektronik  misalnya penyajian buku yang setiap materinya dapat terdiri dari grafik, animasi, audio dan video.

Aplikasi Multimedia dalam Bidang Pendidikan

Aplikasi multimedia pendidikan antara lain sebagai perangkat lunak pengajaran, memberikan fasilitas  untuk mahasiswa atau siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari multimedia, belajar jarak jauh

dan pemasaran pendidikan.

Aplikasi Multimedia dalam Pemerintahan

Aplikasi multimedia yang paling menonjol dalam bidang kepemerintahan adalah E-Government, Profil  Departemen dan Kios Informasi tentang Kota.

 

 

Sumber Pustaka:

M. Suyanto. 2003. MULTIMEDIA Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. ANDI OFFSET. Yogyakarta.

 

 

Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar